Jumat, 18 September 2015

Jangan Panik, Lawan Kaligata Dengan Kesabaran dan Minyak Penghangat Kulit

Dicatat oleh : Saddam Cahyo
***

Kaligata, atau dalam bahasa keren ilmiahnya disebut urtikaria ini adalah salah satu bentuk penyakit kulit yang disebabkan oleh alergi, tapi tenang.. sifatnya sangat tidak menular dan hanya sementara saja kok.. Tapi kadang cukup mengagetkan dan membuat panik bagi yang mengalaminya karena selalu datang mendadak.

Seperti yang saya alami beberapa waktu lalu, saat baru pulang dari mudik ke Lembang yang bersuhu udara kisaran 17-20 derajat celcius, sementara di Bandar Lampung saat saya datang suhunya cukup panas sekitar 30 derajat celcius. Sore harinya saya merasakan gatal di sekitar bagian perut, saat digaruk eh kok terasa nikmat, tapi kok gatalnya seperti makin menjadi dan menyebar ke paha, saat dilihat lah kok bentuknya bentol kayak digigit nyamuk kebon begitu.

Nyaris saja kaum nyamuk jadi sasaran fitnah kekesalan saya yang sibuk gegarukan, lama-lama itu bentol timbul makin banyak sampai ke betis, membesar dan seperti merapat menyatu, ibarat pulau-pulau kecil yang hendak membangun kembali benua tunggal di peta dunia tubuh kita. tentu saya agak panik dan mulai kebingungan harus gimana.

Setelah berpikir cepat, saya ingat, inikan kaligata, sabar saja, dan berusaha keraslah saya mengabaikan rasa gatalnya itu, tapi  kok rasanya malah makin menjadi, semakin ditahan, itu kedua kaki saya seperti sedang dirubung puluhan nyamuk yang asyik nyedot darah, karena gak tahan akhirnya saya putuskan untuk menampar-nampar semua permukaan kulit yang gatal, alhasil bentol pun makin menjadi.

Solusinya sederhana, saya ambil minyak GPU yang hangat dan beraroma rempah, saya balur di sekujur tubuh yang terasa gatal, dan nikmati sensasinya, pertarungan antara rasa gatal dan hangat di kulit sambil menenangkan diri, relaksasi semakin meningkat setelah saya bisa fokus pada aroma rempahnya saja, dan lama kelamaan pun si kaligata berguguran kempis. Prosesnya hanya berlangsung sekitar tiga jam saja.

Dalam beberapa kasus, kaligata bisa berlangsung sampai berhari-hari, saya sih tidak pernah dan juga gak kepingin. Selain karena perubahan suhu udara yang ekstrim, penyebab lain dari timbulnya kaligata adalah reaksi alergi tubuh kita pada makanan tertentu, bahkan ada yang bentolannya timbul di wajah, bibir, telinga hingga tampak seperti pelaku kriminal yang babak belur dikeroyok massa. Hmm.. waspadalah..







Tidak ada komentar:

Posting Komentar