Selasa, 25 Agustus 2015

Scabie??? Binatang Brengsek yang Sama Sekali Gak Imut..!!!

Dicatat oleh : Saddam Cahyo

***

Pasti anda semua tidak cukup akrab dengan si "Scabie Brengsek" yang saya benci ini. Jangan sampai tertipu karena namanya yang bernuansa imut, sebab ini salah satu hewan mikroskopik yang paling menyebalkan dan patut diwaspadai sebagai musuh bersama umat manusia lho !

Sebenarnya kita sedang membicarakan satu binatang kecil yang tak kasat mata dan biasa dijuluki TUNGAU ataupun KUTU oleh masyarakat awam. Lebih tepatnya adalah hewan parasit bernama ilmiah Sarcoptes Scabiei, tapi  ini bukan jenis kutu rambut ya, beda! Dia lebih merujuk pada hewan yang disebut kutu badan karena sifat hidupnya yang menjadi parasit di permukaan kulit manusia maupun hewan (terutama mamalia).

Yak betul, penyakit ini biasa disebut INFEKSI SCABIES oleh dokter, tapi orang awam punya julukan yang lebih memilukan: KUDISAN !!! alias GUDIKAN!!! Alias BUDUKAN!!!

Duh, benar-benar memalukan, tapi jangan sampai membuat kita jadi malu dan ragu menindaklanjutinya ya ! Percayalah, ini bukan penyakit bersifat mematikan secara langsung, kecuali jika anda sibuk garuk-garuk selangkangan dengan kedua tangan sambil ngebut mengendarai motor di jalanan aspal berlupang yang ramai dilewati truck Fuso. Hehehe.

Gejala yang paling sering dijumpai adalah rasa gatal yang tiada kunjung henti-hentinya, terutama di malam hari karena itulah jam aktif hidupnya si kutu brengsek tadi. Umumnya rasa gatal yang sangat terasa pada bagian kulit seperti sela-sela jari, siku, atau selangkangan. Disertai timbulnya bintik bintik atau malah sedikit bentol yang tak jarang berair atau malah bernanah.



Kadang ini menyebabkan si penderita harus menggaruk kulitnya biar agak tenang meski bahkan bisa menimbulkan luka dan infeksi. Sebenarnya rasa gatal tersebut akibat kaki si kutu brengsek yang punya siklus hidup sekitar dua mingguan itu sedang giat bekerja dibawah permukaan kulit kita, mereka bergerak membuat lubang-lubang ideal bagi sekitar 50  telur-telurnya yang siap menetas dibawah permukaan kulit kita sendiri.

Penularannya bisa karena kontak kulit langsung dengan si penderita, kontak tak langsung seperti penggunaan handuk, seprai/tempat tidur, pakaian secara bersama-sama dengan si penderita. Atau bisa juga kita tertular dari hewan mamalia peliharaan sendiri, semisal anjing, kucing, dan sebagainya.

Saya sendiri tertular setelah adik saya pulang membawa keluhan gatal luar biasa dan bintik di pergelangan tangan dan sela jari tangan. Sebulan setelahnya baru saya ikut menderita. Kita harus waspada,cermat, dan responsif. Ya tapi wajar saja kalau bagi yang gak tau soal ini bisa terlambat menyadari karena gak paham gejalanya.

Kemungkinan besar adik saya ini tertular dari kucing liar kampung. Kebiasaannya emang terlalu gampang gemes tiap ngeliat kucing seliweran, diambil, dipangku-pangkuan, dan dielusin. Percayalah itu gak baik..! Mereka cuma sarang kutu yang bertampang meluas dan bersuara manja tapi sejatinya menjijikkan.

Ohya, ini penyakit kulit yang gak langka dan sering banget mewabah di Indonesia. Jadi untuk menghemat anggaran, anda bisa coba atasi sendiri ketimbang bayar mahal jasa dokter spesialis kulit. Tapi kalau kurang sukses ya semestinya berobat serius.

Brengseknya, si Scabie ini memang paling demen banget menggali sarang berupa terowongan di bagian-bagian kulit tubuh yang paling gak kita harapkan. Sela-sela jari tangan, pergelangan tangan, sikut dan sela-selanya, belakang tumit, paha belakang, paha dalam, selangkangan, leher belakang, belakang telinga, pusar, wajah, ketiak, belahan kulit pinggang dan perut, lipatan payudara, dan bahkan untuk lelaki juga mengancam kulit scrotum plus batang penis !!! 
Sementara pada perempuan waspadailah bagian aerola mamae alias lingkaran hitam di sekitar puting payudara..








Biasanya ini penyakit yang kadang bikin kita ngerasa kena kutuk itu paling rentan dan sering dialami oleh mereka yang tinggal secara massal, di tempat tertentu. Ya bisa aja itu seperti asrama, pesantren, kos-kostan, rumah keluarga besar, sekolah,kantor, dan sebagainya, pokoknya tempat yang ramainya kelompok orang yang sama berinteraksi sesering mungkin dah.

Tapi jangan salah paham, ini bukan kutukan sosial yang disebabkan oleh interaksi, sampe membuat kalian ragu menjadi makhluk sosial dan makin dalam memupuk individualisme. Melainkan karena biasanya di tempat tinggal yang ramai itulah ini penyakit gudik bisa jadi wabah massal yang menggemparkan, dan menimbulkan kerusuhan, lantaran banyak orang yang dalam tempo waktu cukup panjang terus-terusan sibuk gegarukan sampe kesel dan lecet..!

Yang jelas, ini penyakit gak akan pernah bisa sembuh dengan sendirinya. Kalau dibiarkan, kita malah bisa mengalami keadaan yang jauh lebih buruk, GUDIKAN MENAHUN ! Kepengen ? Gak usah lah !



Oke, inilah dia obat mujarab yang setidaknya dikenal paling ampuh karena paling banyak diresepkan oleh dokter kulit di Indonesia. Perkenalkan dua bersaudara resep obat gudik berjuluk SCABICID dan SCABIMITE.





Keduanya memiliki bentuk kemasan yang mirip, yakni tube cream alias salep yang kecil, antara 10 mg atau 30 mg yang bakalan habis dalam satu kali pemakaian. Tapi si kecil ini memang gak boleh diremehkan, sebaliknya malah patut diacungi jempol ! Nyarinya dimana? Ya di toko obat alias apotek/apotik terdekat di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Perbedaannya ada pada harga dan berujung pada kualitasnya, si Scabicid lebih murah, kisaran 20 ribu tapi agak lebih terasa panas saat dipakai, sedangkan si Scabimite kisaran harganya dua kali lipat tapi cenderung nyaman dipakai. Caranya dengan mengoleskan cream bin salep itu merata pada seluruh permukaan kulit mulai dari ujung kepala sampai ke jari-jari kaki, terutama daerah belakang telinga, lipatan bokong dan sela-sela jari. Karena tujuan kita adalah membombardir semua permukaan kulit yang bisa jadi sedang dipakai sebagai bunker oleh parasit brengsek penyebab gudik ini.

Lama pemakaian selama 8-12 jam. Dianjurkan pengolesan pada malam hari atau setelah mandi sore, kemudian baru boleh dicuci pada keesokan harinya. Pemakaiannya jika dirasa kurang maksimal dan sempurna, boleh dilakukan berulang dalam tempo kurang dari satu minggu, tapi jangan sampai anda sekalian menggunakannya lebih dari tiga kali dalam waktu berdekatan, konon kabarnya malah bisa menimbulkan reaksi yang tidak baik pada permukaan kulit.

Disamping itu semua, kita boleh juga konsumsi obat-obatan oral seperti antibiotik jika ada luka, ataupun obat pencegah alergi untuk meminimalisir rasa gatal. Kita juga boleh memakai rutin bedak SALICIL untuk membantu mengurangi rasa gatal, biar gak digaruk kuku tapi dielus saja biar mereda. Karena kalau digaruk memang malah memperburuk keadaan, dia bisa merusak permukaan kulit dan meradang alias luka yang nantinya membekas, atau justru dia membuat kita gak sadar sudah ikut berpartisipasi menyebarkan larvanya ke bagian tubuh yang lain. 

Pasalnya, proses pengobatan tidak pernah bisa berlangsung secara instan, selalau membutuhkan waktu dan ditentukan oleh kedisiplinan diri kita dalam berikhtiar mencari penyembuhan. 

Gangguan tidur dan labilitas emosi memang kadang juga muncul akibat penyakit sialan ini. Karena itulah scabies juga sering dianggap sebagai cobaan hidup yang menguji iman dan hati nurani kita. Sabar dan tawakal ya, pasti bisa sembuh kok.

Penting juga bagi kita untuk segera mencuci seluruh pakaian, sarung bantal, seprai, dan kain lainnya yang pernah kita pakai sejak awal gejala gatal-gatal ini menyerang. Teknik pencuciannya adalah, RENDAM DULU DENGAN AIR PANAS, baru lakukan proses pencucian normal sebagaimana biasanya. Trik ini harus terus dilakukan selama proses penyembuhan, dan gak rugi juga kalau malah jadi kebiasaan.

Setelah itu, wajib kiranya kita menjaga kebersihan tempat tinggal, sapu dan pel semua ruangan terutama kamar tidur kita. Jemurlah semua kasur, atau mungkin sofa di bawah terik matahari, sebisa mungkin tindakan preventif ini juga dijadikan kebiasaan agar ke depan kita semua bisa terhindar dari penyakit yang kadang bisa membikin gejala stress ringan bagi penderitanya ini.


Satu hal penting lagi yang perlu diingatkan adalah; LAKUKAN PENGOBATAN SECARA MASSAL ! Yakinlah kalau semua orang di lingkungan si penderita tinggal sangat berpotensi sudah tertular, jadi jangan egois pengen sembuh sendiri, karena itu nyaris percuma ! kita harus berjuang mengganyang ini kutu brengsek secara bergotongroyong dan serentak !

Selanjutnya, biasakanlah sesekali dalam seminggu mandi pakai air hangat dan sabun ASEPSO atau yang mengandung unsur antiseptik lainnya seperti DETTOL. Kalau ada malah pakai sabun yang mengandung sulfur bin belerang seperti JF SULFUR...

Biar asyik dan aman, jika di wilayah tempat tinggal kita ada pemandian air panas terutama belerang, jadikanlah rutinitas baru sekeluarga anda untuk wisata bersama beberapa kali dalam setahun. 

Dan yang paling penting sebagai penutup adalah;
CEPAT BERTINDAK ! OBATI DIRIMU ! JAGA KESEHATAN DAN KEBERSIHAN !

HENTIKAN KEBIASAAN SALING BERTUKAR BARANG KEBUTUHAN PRIBADI (alat mandi, pakaian dalam, handuk,dsb) DENGAN BANYAK/SEMBARANG ORANG..
 YAKINLAH, ANJURAN RAJIN MENCUCI TANGAN DENGAN SABUN CAIR ITU HAL SEPELE YANG GAK USAH DIBANTAH LAGI MANFAATNYA...!


Saya sampai mencetak dan menyebar poster ini untuk mendisiplinkan diri dan semua personel rumah tangga demi mengakhiri semua ini, mungkin bisa anda contoh :


Dan inilah perangkat senja tempur saya sekeluarga memerangi ini kutu brengsek.. 1. Cream Scabimite 30g seharga 86ribu; 2. Sabun mandi JF Sulfur seharga 10rb; Bedak Salicyl 60g seharga 7rb. Sekedar saran, optimalkan pemakaian itu Scabimite, oles sampai dua kali dalam semalam juga boleh, dan gunting saja itu kemasan tube nya lalu di korekin sampai ludes semua terpakai gak sia-sia.





81 komentar:

  1. Sangat mebantu trimaksi dan sangat ampuh? Mau tanya apa selama proses penyembuhan juga mekonsumsi obat oral

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada obat oral untuk memberantas si parasit scabies yang menyebalkan ini mas setahu saya, solusinya cuma bombardir dari luar pakai obat ini dan produk berunsur belerang.. pengalaman saya ini semuanya ampuh tuntas, dan bikin kapok gak mau lagi-lagi.. :D

      Hapus
  2. Apakah diolesnya itu juga ke organ vital juga kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kalau memang sampawkesana bro, tapi saya sih cuma di bagian kantong menyan aja.. Haha

      Hapus
    2. Ya kalau memang sampawkesana bro, tapi saya sih cuma di bagian kantong menyan aja.. Haha

      Hapus
  3. sewaktu itu aku juga pernah kena scabies, aku dapetnya di betis, selangkangan, perut, sama tangan. gatelnya minta ampun. kalo siang sih ngak gatel, tapi kalo malem...bisa kali ngak tidur karena harus garuk2. nah...pastinya kalo luka bekas garukan kalo kita lagi mandi pasti ngak di siram atau dibasahi karena takut perih. sewaktu itu aku coba basahin dan sabunin luka + tempat yang sering gatel. pedihnya bukan main. tapi keesokan harinya aku udah ngak gatel2 lagi. semenjak itu saya udah ngak pernah garuk2 lagi.....

    BalasHapus
  4. sewaktu itu aku juga pernah kena scabies, aku dapetnya di betis, selangkangan, perut, sama tangan. gatelnya minta ampun. kalo siang sih ngak gatel, tapi kalo malem...bisa kali ngak tidur karena harus garuk2. nah...pastinya kalo luka bekas garukan kalo kita lagi mandi pasti ngak di siram atau dibasahi karena takut perih. sewaktu itu aku coba basahin dan sabunin luka + tempat yang sering gatel. pedihnya bukan main. tapi keesokan harinya aku udah ngak gatel2 lagi. semenjak itu saya udah ngak pernah garuk2 lagi.....

    BalasHapus
  5. Terima kasih infonya...sangat membantu.

    BalasHapus
  6. Terima kasih infonya...sangat membantu.

    BalasHapus
  7. bli sabun jf sulfur nya dmnanya yaa klo di bandar lampung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di apotik mbak, atau minimarket juga biasanya ada, inget ya bukan yang untuk jerawat di wajah, tapi.untuk mandi di tubuh..

      Hapus
    2. Di apotik mbak, atau minimarket juga biasanya ada, inget ya bukan yang untuk jerawat di wajah, tapi.untuk mandi di tubuh..

      Hapus
  8. Skrg ini putri kcilku jg terkena scabies. Sdh makai obt salep kyk yg diats sdh 5 hri. Tp blm jga mending, itupun sm dokter hrs pkai slepx 5 pkai, 5 hri berenti..
    Jdi q hrs gmn ya, soalx scabies putriku blm jg mending.. Pakaix pun pas mlm hari, mandinya 1x sehari it pun mandi sore.

    Mhon infonya ya

    BalasHapus
  9. Skrg ini putri kcilku jg terkena scabies. Sdh makai obt salep kyk yg diats sdh 5 hri. Tp blm jga mending, itupun sm dokter hrs pkai slepx 5 pkai, 5 hri berenti..
    Jdi q hrs gmn ya, soalx scabies putriku blm jg mending.. Pakaix pun pas mlm hari, mandinya 1x sehari it pun mandi sore.

    Mhon infonya ya

    BalasHapus
  10. Mau share ni pengalaman aqu kena scbies.
    Aqu mulai seterilisasi kamar dan badan dihari ke3.
    Dan gak mau kedokter.
    Jd lawan si parasit itu sendiri.
    Kalian harus sangat sabar jgn digaruk karna menjadi tambah parah.

    Yg saya lakukan, dihari ke 3 mandi dengan air panas(sekuat badan ya)dicampur detol cair, sabun sulfur, sampai shampo rambut pakai sabun sabun sulfur.

    Cuci handuk dan seprai rendam dengan air panas, diterjen,dan detol cair, itu tunggau mati diair panas, begitu juga dengan pakaian yg dipakai, dan jgn malas menstrikanya habis mencuci.

    Lalu kamar dibersihkan, dipel aqu tuangin detol cair, Kasur dijemur ditempat panas lalu divacum, pas divacum itu tunggau ikut kesedot.

    Dihari ke 7 baru aqu pakai cream scabimate karna didaerah ku sulit jd nunggu beli dionline, pas malam aqu pakai kalau mau tidur dipakai 1 x seminggu.
    Sehabis pakai cream mandi yg bersih, dan kamar dibersihkan lg, besihkan lg kasur, seprai, handuk, baju yg kita pakai. Aqu 2x cuci seprai dan handuk dan kemana mana air panas dan detol cair.

    Dan jgnlupa paling penting kita sering2 berjemur terik matahari selama 1 jam saja, selama kita kena si tunggau sialann!!!!!

    Alhasil 10 hari langsung hilang, alhamdullillah

    Ribet dan mesti kudu sabar karna kita membasmi parasit dlm tubuh kita

    Buat kalian yg kena, jgn menyerah melawan penyakit ini, Semoga cepat sembuh :)

    BalasHapus
  11. Saya mahu nnya, reaksi waktu di kasih obat itu kyak ap ya? Tmbah gatel, panas atau bagaimana?
    Trimakasih

    BalasHapus
  12. Mau tanya, saya pakai scabimite senin siang dan senin tengah malam dioles hanya pada bagian yang gatal. Karena saya bingung, kirain seperti salep biasa. Apa gpp hari esoknya saya pakai saja keseluruh tubuh?

    BalasHapus
  13. Mau tanya, saya pakai scabimite senin siang dan senin tengah malam dioles hanya pada bagian yang gatal. Karena saya bingung, kirain seperti salep biasa. Apa gpp hari esoknya saya pakai saja keseluruh tubuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mbak, gapapa, oles saja ke seluruh tubuh, seluruh permukaan kulit.. jangan kena mata.. tapi kalau mau pakai lagi tunggu lima hari..

      Hapus
    2. Kak apa nunggu 5 hari baru si scabie mati?? Balas

      Hapus
  14. Kutu Scabies sering dikatain kutu bangsat... cara mudah dan cepat ... Mandi air panas hangat.. kaki rendam air panas hangat tiap hari .... oles pake Balsem Geliga tiap muncul gatal ... berjemur matahari yg panas ... minum obat Insidal ( cetirizine ) buat hilangin gatal pas malam hari sehari sekali .. selama 3 hari ... manMandi air Garam air panas hangat ... Mandi di laut ... cuci semua baju sprei pake air panas ...

    BalasHapus
  15. mau tanya, apakah wajar setelah pemakaian krim ini, kulit yang tadinya blutusan dan berair menjadi lecet dan air serta nanahnya le luar permukaan kulit ?

    BalasHapus
  16. Apabila sampai ke muka ,, apa d oles hingga muka?

    BalasHapus
  17. Saya juga seorang penderita scabies. Pernah melakukan pengobatan membeli bubuk herocyn dan berendam di air laut. Sempet hilang tapi tiga hari kambuh lagi. Setelah membaca artikel ini saya merasa semangat untuk melakukan pengobatan lagi. Terima kasih artikel ini sangat membantu

    BalasHapus
  18. Kami sekeluarga berempat saat ini menderita scabies sudah dua bulan. Obat yg digunakan salep scabimite. Mohon doanya...

    BalasHapus
  19. Kami sekeluarga berempat saat ini menderita scabies sudah dua bulan. Obat yg digunakan salep scabimite. Mohon doanya...

    BalasHapus
  20. Kami sekeluarga berempat saat ini menderita scabies sudah dua bulan. Obat yg digunakan salep scabimite. Mohon doanya...

    BalasHapus
  21. Trimakasih, sangat membantu sekali artikelnya...

    BalasHapus
  22. saya mau tanya,akah obat secabimite sekali pakai bisa sembuh???

    BalasHapus
  23. Saya udah 3 minggu kena skabies, ke dokter spesialis udah 2 kali, pake scabimite udah 3 kali, ditambah salep kloderma, dan skrng dikasih resep cetrizin. Alhamdulillah bentol2nya ngurangin, tapi muncul lagi 1 bentol nya dan tadi malem udah pake scabimite lagi mohon doanya:( karena awal bulan sept saya harus keluar kota

    Buat yg lagi kena skabies juga cepet sembuh kawan, dan makasih info2 diatas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu dioleskan keseluruh badan salepnya ato ke yg terkena bentolnya saja mohon bntuannya

      Hapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. siapkan jerigen besar ukuran 25 liter , pergi ke pemandian air belerang , angkut airnya yang kebuang sia-sia bawa kerumah oleskan tiap saat dijamin murah dan tidak mubazir

    BalasHapus
  26. siapkan jerigen besar ukuran 25 liter , pergi ke pemandian air belerang , angkut airnya yang kebuang sia-sia bawa kerumah oleskan tiap saat dijamin murah dan tidak mubazir

    BalasHapus
  27. pasang rem cakram belakang di vario lama dijamin pakem , rem cakram mutlak buat keselamatan

    BalasHapus
  28. Dok misalkan setiap hari di oleskan salep scabimite itu gak apa apa kan dok?

    BalasHapus
  29. Pake obat pertanian aja muraaah yg buat serangga itu loh ga nyampe 30rb/botol harus kontinyu diencerkan dulu pake air

    BalasHapus
  30. Sy kena penyakit scabies udh 1 bulan belum sembuh2. Sdh pke ramuan tradisional. B. Putih&merah. Kunyit. Dan sy pke salep moderm n malah tambah bnyak bintiknya.
    Yg parah lg di kantung ajimat sama di mr p sy sdh bentol2..
    Bantu sembuhin dong cara.a gmn.
    Mslhnya tergangu aktifitas sy sehari2 gara2 kutu ini..
    Yg tau bisa kirim via email sy
    Apriliyantoandasmono8@gmail.com
    Smga yg terkena penyakit ini sembuh dgn cepat
    Amin

    BalasHapus
  31. Kalo kasurnya nggak bisa dijemur gmn ya? Soalnya ujan terus nggak terang2. Disemprot pake baygon/vape ngaruh nggak ya? Udh hampir 2 bulan ke skabies.

    BalasHapus
  32. Kalau Mandi setiap Hari memakai air hangat bisa GA box...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan, pengalaman saya, yang ada memperparah, kalo yg harus pake air panas baju2 seperti seprei

      Hapus
  33. saya sudah kena scbies sudah 5 bulan...
    apakah bisa mandi air dingin ?

    terima kasih artikelnya sangat membantu...

    BalasHapus
  34. Saya sekeluarga jg terkena wabah ini, esih sekali akan sy coba langkah2 di atas SMG berhasil

    BalasHapus
  35. Saya sekeluarga juga terkena scabies sampe bayi saya umur 9bulan ikutan tertular penyakit ini. Mudah2an artikel ini bisa saya ikuti dan sembuh. Amin

    BalasHapus
  36. Istri saya juga kena virus itu..gmn cara pengobatan

    BalasHapus
  37. Bisa sembuh benerankan?? Soalnya gatal banget😭 nyiksa , sakit , sampe tiap malem nangis gara" gatel . Trs disekolah ngantuk :'

    BalasHapus
  38. Ada yg udah sembuh gak...saya makai scabimet udah 2 bulan belum sembuh juga 😢

    BalasHapus
  39. Saya sudah 4 bulan ini kena scabies, sempet hilang tapi cuma satu bulan, segala cara sudah di lakukan tapi si kutu sialan nya nongol lagi nongol lagi -_-, mohon sarannya mas/mba/dokk

    BalasHapus
  40. Saya rasa saya juga kena scabies,udah hampir 1mingguan,saya fikir hanya gatal biasa tapi makin lama makin lebar dan banyak,saya belum melakukan pengobatan apapun cuma tak oles2 pake balsem dan sabun Bamboo nya dari MSI..
    yang saya tanyakan apakah scabies memang harus mendapat penanganan khusus?dan apakah penyakit ini benar2 menular gimana cara pencegahannya supaya tidak menular,saya punya anak kecil kasihan kalo ketularan..
    Terima kasih
    Mohon bantuannya🙏🙏

    BalasHapus
  41. Saya jg lg kena scabies nie baru baru hari jumat kmren pake salep scabimite tp gatelnya malah tambah parah yak trus bentol²nya blm hilang malah merah

    BalasHapus
  42. brp lama sembuhnya yaa? saya sekeluarga (berempat) kena penyakit kutu berengsek ini sejak desember 2018 sampe skrg msh timbul nanah rasa gatalnya pun gak bisa ilang apalagi kl dimalam hari kami sekeluarga buka baju pake bedak salicyl tp rasa gatalnya gak hilang.. anak pertama saya bernanah hampir diseluruh jari tangannya.. anak kedua bernanah disekitar pantat dan tangan.. suami saya pun bernanah di daerah kelamin sedangkan saya sendiri didaerah betis bernanah juga . udh kedokter 4x sampe si dokternya bosen.. dan pake scubimite udh Habis 3 tube yg ukuran 30gr dipakai seminggu sekali.. cuci seprei handuk dan baju sudah menggunakan detol cair dan air mendidih.. kasur pun rutin dijemur tiap pagi krn kl siang sudah turun hujan. tp udh 3bln ini belum ada tanda2 kesembuhan.. saking geregetannya kapur barus saya tumbuk dan saya sebar di kasur agar si kutu brengsek itu mati.. dari dapur smpai teras saya vacum gak lupa jg kasur dan sofa divacum jg.. tp knp makin tumbuh si bentol bernanah ini 🙄

    BalasHapus
  43. Kemarin siang saya pakai obat scabimite tp hanya d pakai d bagian yg gatal saja . Apakah saya boleh pakai di hari yg sudah ber ganti 24jam keseluruh badan? Karena saya baru tahu saat saya melihat thread ini. Terimakasih

    BalasHapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. Trimakasih uda bikin artikelnya mas.. Saya coba saran nya...

    BalasHapus
  46. Saya sekarang mengalami penyakit kutu breksek ini.. . Pada awalnya saya kira gatal2 biasa.. Tapi lama2 bentolan kecil2 makin bnyak.. Saya beli obat di apotik di kasi obat alergi sm sabun antiseptik. .Obatnya hbis eehh gatel2 lagi . 2 kli ke apotik g smbuh, , sekali ke dokter umum. G sembuh.. Trs pergi ke dokter spesialis kulit obatnya hbis g smbuh juga 😢😢😢.. Ini q sllu jemur handuk, sprei, kasur ,bntal dll. . Q sampe nangis tiap mlm gara2 mikirin gtel2ku ini. .. Udah hmpir 3 bln blon smbuh2 q udah pke scabimite baru tdi mlm . Smoga kita semua cpet smbub mohon doannya 🙏🙏

    BalasHapus
  47. Terimakasih artikelnya Mas,sangat membantu sekali kebetulan sudah 3 bulan ini saya anak dan istri tersiksa oleh kutu ini. saya akan coba saran nya...

    BalasHapus
  48. Aq lg terserang penyakit menjengkelkan dan menyiksa ini, ntah hrs bgmn lg udah pake salep apa2 bahkan scabimite. Malah meluas jadi ngerasa juga kulitnya gudeg, ya Allah. . Tolong. .. 😭😭😭

    BalasHapus
  49. Tolong kasih tau bagaimana agar cepat sembuh, di kasih salep malah merembet trlihat telor2nya bintik-bintik banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. konsultasi ke dokter kulit dulu kak , nanti dokter akan melihat scabies nya ringan atau parah , nanti dikasi obat yang sesuai dengan kebutuhan

      Hapus
  50. Penyakit ini menyiksaku tuhan😭

    BalasHapus
  51. Heran dah ini kutu dari mana coba asalnya, anak ku udh kena 3 bulan pdhal umurnya baru 8 bln, udah sembuh eh kambuh lagi, sembuh kambuh lagi hadeh2 betah bat ya dikulit heran daah, apa lagi musim penyakit beginian yaak

    BalasHapus
  52. Padahal make si scabimet udh berapa kali,nyuci pakean dia padahal udah make aer panas di gosok juga udah,kasur udh di jemur ,mandi juga make aer anget di campur pk plus detol ada perubahan si semnggu kemudian si kampret muncul lagi hadeh puyeng daah

    BalasHapus
    Balasan
    1. makenya harus bener kak , kalo 1 minggu melebihi 1x penggunaan nya , malah memberi efek gatal2 dan ruam , overdosis gitu , sabar dalam make scabimite

      Hapus
  53. Sabar ya kalian dalam menggunakan scabimite , pastikan 1 minggu 1x karna dalam membunuh kutunya ada tahapan nya , tahapan pertama untuk membunuh induk , tahapan kedua untuk membunuh telur dan tahapan2 seterusnya untuk membunuh sisa2 kutu yang masih ada

    BalasHapus
  54. Kak, ini 1 kotak krim hanya untuk org satu saja kah apa bisa untuk berdua?

    BalasHapus
  55. mau tanya. di wajah sama kulit rambut apakah tidak apa apa.di karenakandi badan saya sembuh kok gatal nya jadi ke wajah dan kulit rambut ?

    BalasHapus
  56. Sedikit cerita awalnya adekku yang terkena karna tinggal di pondok pesantren. Parahnya adekku gatal seluruh tubuh sampe membekas hitam² seluruh tubuhnya. Na sekarang nular ke aku sama ortu. Repot juga kuliah sambil nahan gatalnya.. Setelah baca ni artikel kemarin selasa pakai scabimite, gatal di selangkang alhamdulillah mereda. Selasa depan makai lagi, mohon do,anya semoga cepat diberi kesembuhan untuk kita yang sedang melawan scabies ini aamiin..

    BalasHapus
  57. aku juga si penderta scabies menyebalkan itu ya bro....cerita saya beda ni dengan yang lain. scabies ini berawal dari kakak saya yang habis pulang dari pondok pesantren dan lama kelamaan jadi nular ni sama ane. awal gejalanya nih saya biarin aja ya...karena saya gak tau nih apa ya kok ada benjolan2 merah dan nanah. saya kira cuman gatal biasa, jadi saya gak lakukan pengobatan apapun. saya biariiiinn aja sampai lama kelamaan semakin parah nih, benjolan nanah semakin banyak dan gatal pun juga semkin hebat. akhirnya aku pergi ke dokter nih..sesampainya di dokter aku diberi sebuah suntikan, obat, dan juga resep salep. akhirnya aku beli nih salepnya seharga kurang lebih 30.000 dan aku pakai. namun caraku pakai pun juga beda nih..yaitu hanya kuoleskan pada benjolan2nya aja setiap malam. wajar sihh..karena aku gak tau. waktu ke dokter, pesan dokter hanya gini"jaga kebersihan yaa..perbanyak makan sayur..." cuman gitu ajah broo. dan salepnya pun hanya kuoleskan pada tangan aja nihh. sampai tangannya habis, (eh jadi salah) salepnya yang habiiiss. gatal di tangan pun sempat sembuh. selang 1 minggu aku merasakan gatal di bagian bokong. dan aku bawa lagi ke dokter, masih sama aku diberi sebuah suntikan, obat dan resep salep. namun merk salepnya beda, kata dokter sihh salepnya hanya untuk gatal di bokong aja. setelah salepnya abis nih...gatal di bokongnya tak kunjung sembuh dan disusul lagi gatel di sela2 jari, hingga muncul benjolan2 lagi nihh...aku bingung mau diobatin apa lagi, akhirnya aku dapat nasihat dari nenek saya untuk diobatin dengan cara tradisional saje...dengan daun daun aneh itu dan untuk mandi dan juga oles. sampai sekarang aku masihh menjalaninya dengan penuh tawakal dan kesabaran. tolong dibantu jawab dan komen yaaa...apabila ada yang mengalaminya sama persis seperti saya. dan tolong bantu jawab juga semuanyaa...kasih solusi yaaa...kalau nggak ulas aja dimana letak kesalahan atau yg blm ane lakukan. terimaaa kaseehh...

    BalasHapus
  58. saya udah kena kutu bangsat ini 7 bulan segala salep dicoba ada yg sembuh pas pake salep aja. salepnya distop tumbuh lagi. dan 3minggu terakhir kutu ini yg awalnya cuma di betis sama jari tangan mulai menyerang leher,dada,perut. akhirnya saya coba pake scabimite 4hari yg lalu dan sekarang area perut keatas dan jari tangan saya udah hilang bentol merahnya tinggal ditulang kering aja msih ada rasa gatal dan bintik2 merah tp warna merahnya dah agak pudar/pucat. doanya ya teman2 moga saya berhasil mengusir kutu pwnjajah ini

    BalasHapus
  59. Apakah reaksi setelah pakai salep ini tambah gatal..mohon penjelasannya

    BalasHapus
  60. Bisa tolong sarannya untuk penyakit scabies ini🙏

    BalasHapus
  61. Saya istri saya dan anak saya usia 1 thn jga sekarang kena kutu brengsek ini udah 5 bulan baru satu minggu ke dokter kulit mohon doa nya ya bwat ngilangin tungau brengsek ini stres klo gk sembuh2

    BalasHapus
  62. Saya sedang jalan hari ke 4 pengobatan pakai skabimite.. Hari ke 3 sudah mulai berkurang, tp hari ke 4 mulai nambah l, sekita siku depan kanan kiri, curiga karna kasur kosan walaupun sudah ganti sprei.. Planning berikutnya mau coba pindah kosan, laundry total baju sampai ganti 3x perhari, coba minum obat skabies untuk hewan. Tunggu kabat saya selanjutnya gaes

    BalasHapus
  63. Ralat gaes.. Drpd coba2 dan ngabisin duit jadi saya putuskan ke SpKK.. Ternyata saya bukan scabies, tp dermatitis kontak alergi dikasih salep 1x pakai langsung reda gatal2 dan bintik2 merah nya.. Saran serahkan pada ahlinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang masih ga mbak? Sya juga khawatir saya ini bukan scabies sebab sama ya tanda" nya ,boleh saya minta nomor wa nya mbak mau nanya penhalaman ,saya 7 hari sudah kena penyakit yg bikin saya sedih imi

      Hapus
  64. Asli ya bro, brengsek bgt kutu scabies ini. Saya pun jg lgi kena penyakit gila ini. Awalnya dri ayah sy yg seorang driver ojol (pasti dia tuh suka salam²an sama temen²nya dgn alasan solidaritas) kemudian ke adek, ibu, trus saya. Awalnya di perut dekat pusar, lama lama makin luas anjim. Klo saya udh 2 bulan. Mungkin ayah saya 3 bulanan (lebih awal terkena). Saya Bru mulai pengobatan setelah bener² jengkel. Minggu kmrn saya oles Scabimite, Puji Tuhan tengah malem kebangun dengan haru bisa ngerasain kulit normal lagi (seneng bukan main). Pas siangnya saya mandi pake sabun Asepso, nah gatelnya kok datang lgi yak😭.. Tapi jujur setelah pemakaian salep itu, gatel berkurang walaupun masih terasa mengganggu. Setelah itu saya pisahin pakaian saya dri pakaian keluarga, saya rendem air panas + rinso, nyuci berasa megang ubi rebus WKWK masih beruap uap. Dan setelah dibilasin saya rendem lagi air panas biar bener² modar tuh kutu bgst. Doakan kami semoga lekas pulih, dan semoga siapapun yg kena wabah ini juga lekas Tuhan pulihkan, Amin.😭

    BalasHapus
  65. Saya sekeluarga ber 5 kena juga sama scabies ini, awalnya temen anak saya main ke rumah (setelah diamati dia punya sakit gatal di tangannya), dan main dikasur, ga lama anak dan suami saya gatal2, kami pikir paling gatal biasa karna jamur, setiap malam anak nangis terus, dan parahnya gatal di kemaluannya, ditangan sampai bernanah, diobati pakai salep jamur cuma ilang gatal,tiap hari ada aja yang baru,dan saya juga 2 anak yang lain mulai ikutan gatal, sebelum jadi parah kami akhirnya ke dokter kulit, 2 anak saya ygvlain ga saya ajak, awalnya anak saya diperiksa,setelah itu saya, dan anehnya cuma bagian pusar yang diliat dokternya, setelah itu suami saya, dan yang dilihat awal juga pusar, langsung bilang fix ini scabies, dikasih obat untukbanak saya ada racikan puyer karena dia paling parah, dan salep scabimite, oiya cara penggunan salep ini dipakai selama 3 minggu, dan 1 minggu sekali, misal pakai hari kamis malam, pakai berikutnya juga kamis malam.. Pakainya ke seluruh tubuh di malam hari sebelum tidur, sampai jari2 dan ujung kuku, sebelum pakai semua kuku dipotong, karena bisa jadibtempat sembunyi, pesan dokternya jangan sampai ada tempat yang terlewat, setelah pagi, langsung mandi pakai air biasa, semua baju yg dipakai, seprei dan handuk dicuci pakai air panas, kalau tidak bisa dicuci dgbair panas bisa dibungkus plastik ygbrapat selama min. 3 hari untuk membunuh kutu, jemur kasur kalau bisa(karena ujan terus, kasurnnya saya hairdryer pakai suhu tinggi), dan salepnya dipakai ke seluruh anggota keluarga(sekali pakai untuk 5 orang saya habis 2 x 30gram), oiya awal pemakaian kulitnya terasa panas dan gatal, kayanya rasanya makin parah, tapi gpp lanjutkan sampai pengobatan selesai.. Jangan digaruk, karena akan memperparah.. Semoga membantu dan semogabyang kena sakit ini segera sembuh.. Lebih baik ke dokter spesialis kulit untuk lebih lanjut, takutnya salah diagnosa, kalau untuk wil jogja saya rekomendasikan dokter widodo, bayarnya dokter kmrn 130.000, untuk obat kemarin 400(puyer racikan + 2 salep scabimite@100rb).. Untuk pendaftaran tiap hari minguu jam 7 pagi di apotek panji, waktu periksa senin-jumat jamn6-9malam, perhari dibatasi 20 orang.. Dojternya sudahbsepuh, ramah dan komunikatif, tanya apa aja dijawab dan diagnosa dan obat selalu tepat (menurut pengalaman saya)..

    BalasHapus
  66. Saya udah hampir 4 bulan kena scabies kutu Bajingan asu ini,, awalnya gara gara ketularan temen eh malah ngelunjak sekarang udh nyebar di badan udh pake salep,,sabun,, bedak masih aja gatel,,memang penyakit KEPARAT.....

    BalasHapus