Senin, 05 Oktober 2015

Jangan Cabut Paku Besar Pakai Palu, Linggis Saja

***
Pada umumnya kita tahu bahwa perkakas palu berdasarkan bentuknya, punya dua fungsi utama, terutama palu yang ada cabang tanduknya. Pertama berfungsi sebagai penghantam pak, kedua sebagai alat untuk mencabut paku.

Nah, tapi untuk fungsi yang kedua ini kita harus lebih cermat lagi. Palu zaman sekarang ini kebanyakan gak dibekali gagang kayu dengan kualitas yang kokoh. Sehingga sangat rentan dan mudah patah. Terutama jika dipaksakan untuk mencabut paku ukuran besar yang biasa dipakai untuk kayu kaso dan balok.

Itulah yang saya alami kemarin, alhasil palu saya patah dan jadilah saya bingung. Tapi dari situ pelajaran saya dapatkan. Bahwa sebaiknya untuk mencabut paku besar kita harus memakai alat bernama linggis, berupa besi batangan yang ujungnya berbentuk cabang tanduk. Sebenarnya ini pengetahuan sepele banget, tapi banyak kok yang seawam saya soal kerja bangunan. Hehehe.

Jangan lupa juga untuk memberi bantalan kaso supaya mempermudah proses pencabutan paku itu. Berikut saya beri gambarnya..



1 komentar: