***
Sebelumnya saya masih ragu dan takut
sekali belanja on line, apalagi kalau nominal harganya terbilang besar. Maklum,
kasus penipuan yang dialami oleh orang-orang di sekitar saya juga banyak dan
serius, ini membuat saya khawatir. Tapi beberapa minggu lalu, seorang kawan
cerita kalau dia beli handphone android merk Xiaomi di situs Lazada ( http://www.lazada.co.id/ ),
prosesnya cepat, hanya dua hari saja barang sudah diterima dalam kondisi yang
memuaskan.
Hmm.. saya jadi sedikit tergoda, ingin
membuktikan. Apa benar Indonesia ini sudah mulai sanggup bertanggungjawab dalam
bisnis yang rentan dimodusi penipu macam begini. Akhirnya saya coba
memberanikan diri, kebetulan memang di situs ini harga barang yang ditawarkan
punya selisih yang cukup menggoda ketimbang kita belanja langsung ke outlet
penjual.
Saya membeli dua jenis barang, pertama pakaian, kedua adalah
tripod kamera. Dengan asyik kita bisa pilih-pilih semua barang yang tersedia di
semua kategori yang di pajang di situsnya. Setelah dapat produk yang paling
cocok baik dari harga mau pun modelnya, kita hanya tinggal mengklik symbol trolly
belanja. Satu persatu barang yang ingin kita beli kita pilih.
Setelah itu kita masuk ke proses pembayaran, anda akan diminta untuk
mengisi kolom keterangan identitas. Setidaknya nama, e-mail, alamat, nomor HP, Bank
yang kita pakai, serta metode pembayarannya semisal via ATM. Setelah terisi,
rekapan harga semua produk yang kita pesan, berikut ongkos kirimnya akan
ditampilkan. Di tahap ini, perhatikan apakah semuanya clear, termasuk identitas
pengiriman kita sendiri.
Setelah itu anda juga akan diberi NOMOR PESANAN sekitar 9 digit, catat
dan simpanlah angka itu. Lalu berangkat lakukan pembayaran, karena saya pilih
via ATM saya berangkat ke yang terdekat saja dan mengirimnya ke rekening ini: BNI Nomor
Rekening 0326-996-294 Atas Nama PT ECART WEBPORTAL INDONESIA.
Kemudian, foto kertas bukti transfer. Lakukan konfirmasi
pembayaran dengan mengikuti petunjuk yang kita terima di e-mail ataupun pesan
sms. Sekali lagi kita diminta mengisi formulir, yang point utamanya adalah
meng-uplod foto bukti transfer. Jika sudah berhasil, akan dikirim kembali
e-mail ataupun sms verifikasi dari pihak Lazada yang menerangkan bahwa pesanan sudah siap
diproses.
Hati pun sudah bisa tenang kalau sudah di tahap ini. Proses
pengiriman juga biasanya bisa diawasi terus lewat email. Tapi entah kenapa dari
dua produk yang saya beli, pengirimannya dilakukan secara terpisah, bahkan ada
selisih dua hari dari datangnya setiap barang. Kemungkinan karena tempat
pengiriman yang berbeda pula dari setiap item produk yang Lazada tawarkan.
1. Nomor pesanan dan alamat Bank transfer
Semoga saya juga bernasib sama seperti kakak Saddam..
BalasHapusamiin, kalau tinggal di luar jabodetabeknya terlalu jauh, sebaiknya jangan ambil resiko belanja mahal, hehe
HapusSaya belanja salah kirim barang di retur..saya tunggu dana pengembalian..ada notif tp saya check saldo gk nambah.gimana kak cara komplainnya?
BalasHapus