Rabu, 17 Juni 2015

Apakah Belanja di Lazada itu Aman ? Ya.

Dicatat oleh : Saddam Cahyo


***

Sebelumnya saya masih ragu dan takut sekali belanja on line, apalagi kalau nominal harganya terbilang besar. Maklum, kasus penipuan yang dialami oleh orang-orang di sekitar saya juga banyak dan serius, ini membuat saya khawatir. Tapi beberapa minggu lalu, seorang kawan cerita kalau dia beli handphone android merk Xiaomi di situs Lazada ( http://www.lazada.co.id/ ), prosesnya cepat, hanya dua hari saja barang sudah diterima dalam kondisi yang memuaskan. 

Hmm.. saya jadi sedikit tergoda, ingin membuktikan. Apa benar Indonesia ini sudah mulai sanggup bertanggungjawab dalam bisnis yang rentan dimodusi penipu macam begini. Akhirnya saya coba memberanikan diri, kebetulan memang di situs ini harga barang yang ditawarkan punya selisih yang cukup menggoda ketimbang kita belanja langsung ke outlet penjual.

Saya membeli dua jenis barang, pertama pakaian, kedua adalah tripod kamera. Dengan asyik kita bisa pilih-pilih semua barang yang tersedia di semua kategori yang di pajang di situsnya. Setelah dapat produk yang paling cocok baik dari harga mau pun modelnya, kita hanya tinggal mengklik symbol trolly belanja. Satu persatu barang yang ingin kita beli kita pilih.

Setelah itu kita masuk ke  proses pembayaran, anda akan diminta untuk mengisi kolom keterangan identitas. Setidaknya nama, e-mail, alamat, nomor HP, Bank yang kita pakai, serta metode pembayarannya semisal via ATM. Setelah terisi, rekapan harga semua produk yang kita pesan, berikut ongkos kirimnya akan ditampilkan. Di tahap ini, perhatikan apakah semuanya clear, termasuk identitas pengiriman kita sendiri.

Setelah itu anda juga akan diberi NOMOR PESANAN sekitar 9 digit, catat dan simpanlah angka itu. Lalu berangkat lakukan pembayaran, karena saya pilih via ATM saya berangkat ke yang terdekat saja dan mengirimnya ke rekening ini:  BNI  Nomor Rekening 0326-996-294 Atas Nama PT ECART WEBPORTAL INDONESIA.

Kemudian, foto kertas bukti transfer. Lakukan konfirmasi pembayaran dengan mengikuti petunjuk yang kita terima di e-mail ataupun pesan sms. Sekali lagi kita diminta mengisi formulir, yang point utamanya adalah meng-uplod foto bukti transfer. Jika sudah berhasil, akan dikirim kembali e-mail ataupun sms verifikasi dari pihak Lazada yang menerangkan bahwa pesanan sudah siap diproses.

Hati pun sudah bisa tenang kalau sudah di tahap ini. Proses pengiriman juga biasanya bisa diawasi terus lewat email. Tapi entah kenapa dari dua produk yang saya beli, pengirimannya dilakukan secara terpisah, bahkan ada selisih dua hari dari datangnya setiap barang. Kemungkinan karena tempat pengiriman yang berbeda pula dari setiap item produk yang Lazada tawarkan.

Di luar itu semua, saya cukup yakin situs belanja online ini bisa dipercaya. Kabarnya Lazada juga menerima complain dan pengembalian uang jika memang ternyata produk yang dipesan tidak tersedia stoknya. Atau cacat ketika sampai di tempat. Semoga saja situs ini 100% bisa dipercaya hingga seterusnya, ini penting untuk perkembangan bisnis jarak jauh yang 100% membutuhkan relasi kepercayaan antara penjual dan pembeli yang saling membutuhkan.  Tabik !


1. Nomor pesanan dan alamat Bank transfer

2.Detail produk yang di order


3.Konfirmasi identitas pengiriman


4. Email masuk bahwa verifikasi pesanan berhasil


5. Email masuk mengabarkan status pengiriman fix


3 komentar:

  1. Semoga saya juga bernasib sama seperti kakak Saddam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiin, kalau tinggal di luar jabodetabeknya terlalu jauh, sebaiknya jangan ambil resiko belanja mahal, hehe

      Hapus
  2. Saya belanja salah kirim barang di retur..saya tunggu dana pengembalian..ada notif tp saya check saldo gk nambah.gimana kak cara komplainnya?

    BalasHapus